fbpx
Home / Ngaji / Masyarakat Sambas Juga Mengamalkan Ziarah Kubur, Apa Hukumnya?

Masyarakat Sambas Juga Mengamalkan Ziarah Kubur, Apa Hukumnya?

Oleh. Ustaz Jayadi Sarilaba

Tradisi ziarah kubur, terutama di bulan sya’ban dan di hari raya nampak sangat marak di nusantara (Indonesia) ini,  terutama di pulau jawa dan daerah-daerah lainnya , kalau ziarah kubur yang marak juga di hari raya adalah di Aceh  ,  Di Indonesia tradisi ini tentu sudah berkembang pada zaman wali songo dan ulama-ulama lainnya ( penyebar agama di daerahnya masing-masing).
Khususnya di daerah Sambas, ziarah kubur biasa dilakukan di bulan sya’ban , dan di hari raya idul fitri dan pada waktu seorang perempuan atau laki-laki yang akan menikah , biasanya mereka ziarah ke kubur orang tuanya/kakek/nenek/datok dll,,,Apakah mereka hanya mengkhususkan ziarah hanya di bulan –bulan tersebut,,,ternyata tidak,,di waktu yang lain pun mereka berziarah kubur.
Hukum Ziarah Kubur

Ziarah kubur disunatkan bagi lelaki dan dimakruhkan bagi perempuan, karena perempuan hatinya lemah sehingga ada kemungkinan kaum perempuan tidak dapat menahan diri dan bisa larut dalam kesedihan,. Tetapi kalau perempuan kuat dan hatinya tidak lemah, hukumnya sama dengan laki-laki yaitu sunnah. Salah satu dalilnya : dari Sulaiman bin Buraidah yang diterima dari bapaknya, bahwa Nabi saw bersada:  “Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, namun kini berziarahlah kalian!. Dalam riwayat lain; ‘(Maka siapa yang ingin berziarah kekubur, hendaknya berziarah), karena sesungguhnya (ziarah kubur) itu mengingatkan kalian kepada akhirat’. (HR.Muslim)

Hal-Hal Yang Dianjurkan Ketika Ziarah
.1السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Rasulullah saw mengajarkan para sahabat ketika keluar menuju kubur dengan membaca doa di atas. Hadits di atas dari Sulaiman bin Buraidah, dari bapaknya. (HR. Muslim, no. 97). 2,,Disunatkan Menanam tumbuhan diatas kubur atau menaburi semacam dedaunan yang wangi diatas kubur. Di anjurkan  membaca ayat al-Qur’an seperti surat Yasin, serta tahlil dan berdo’a untuk  ahli kubur. 3,,,Dimakruhkan Menginjak kuburan atau duduk diatasnya.
Manfaat ziarah kubur

Manfaat ziarah kubur antara lain sebagai berikut :

1. Ziarah ini akan mengingatkan kita kepada kematian dan akhirat sebagai sesuatu yang pasti akan menjumpai manusia. 2. berziarah ini juga wujud sunnah rasul sebagaimana yang telah diajarkan oleh Beliau (Nabi Muhammad saw) dan para sahabatnya. 3. ziarah kubur juga mendapatkan pahala dan kebaikan dari Allah swt. 4. Ziarah kubur juga bermanfaat bagi Ahli kubur yang di ziarahi, karena do’a serta hadiah dari bacaan Al-qur’an, tahlil dll, dari yang berziarah kubur.(tetapi ada juga sebagian kaum muslimin yang mengaanggap tidak sampai pahala bacaan Al-qur’an ,tahlil dll kepada Ahli kubur ,,, yang sampai hanya do’a kata mereka)

Referensi:

1. Fathul Mu’in oleh: Zainuddin al-Malibari dan I’anatu al-   Thalibin oleh: Sayid Bakri  juz. Sobari Mulki II

2..     Fiqh Ibadah ‘ala mazhabi al-Syafi’ie, maktabah Syamilah

3.       Fiqih Tradisioanal  dll

Tinggalkan Balasan