Home / Berita / Perkuat Wawasan Kebangsaan, PMII IAIN Pontianak adakan diskusi 

Perkuat Wawasan Kebangsaan, PMII IAIN Pontianak adakan diskusi 

Pontianak – NU Khatulistiwa,. Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) IAIN Pontianak istiqomah merealisasikan holaqoh bulanan dalam bentuk kajian keilmuan, dengan mengusung tema “Pembela Bangsa Penegak Agama : Kerangka Teoritis dan Aplikatif dalam Bengkai NKRI. Kegiatan bulanan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pengurus Komisariat dalam menjalankan khidmat di PMII.

Halaqoh bulanan ini diselengarakan pada Hari Sabtu pukul 15:30 WIB (06/05/2017) di Aula PC NU Kota Pontianak, Jl. Pararel Tol. Hadir sebagai pemateri Sahabat M. Hasanie Mubarok selaku ketua 1 PC PMII Kota Pontianak.

Sahabat Mustofa berharap kedepan kegiatan seperti ini harus tetap istiqomah untuk memupuk kekompakan pengurus dan kader, dia juga mengharapkan agar kegiatan ini bisa mengisi ruang intelektualitas kader nahdliyin yang berkaitan dengan keindonesiaan dan keislaman.

“Harapan kami dengan dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan soliditas dan solidaritas baik antar pengurus maupun antar kader, disamping itu kader nahdliyin juga dapat menambah wawasan keilmuan terkait dengan isu-isu kebangsaan dan keagamaan sehingga tidak menjadi kader yang karbitan” harapnya.

“Kader PMII harus faham dengan konsepsi Pembela Bangsa dan Penegak Agama ini, ini dua hal yang berbeda, namun satu kesatuan yang saling berhubungan dan saling menguatkan” Jelasnya. 

Konsepsi Pembela Bangsa dan Penegak Agama sangat erat dan tidak bisa dipisahkan maskipun kedua mempunyai nilai-nilai tersendiri.  Dengan membentuk bangsa ini terus jaya dan komitmen serta mempertahankan simbolis ke-Bhinneka-an bangsa. Kita jugs harus menegekakan Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin sebagai penyangga dalam membela bangsa, sehingga melahirkan moralitas untuk mengaplikasikan kedua konsepsi tersebut.

Diskusi tersebut berjalan lancar dan interaktif, Sahabat Khoirul Anam selaku Kordinator Departemen Kajian dan Keilmuan memandu acara tersebut. Hadir beberapa pengurus komisariat, pengurus rayon dan kader dari Rayon Azzarnuji, Rayon Syeikh Mahfud Attirmasi dan Rayon Abu Hanifah. Diskusi tersebut berjalan lancar dan interaktif dengan diawali dengan pembacaan tawassul kepada pendiri NU, PMII dan para ulama’, sambutan Sahabat Musthofa selaku Ketua Komisariat, penyampain materi dan dilanjutkan diskusi interaktif dan penutup.

 (Asroki Hidayatullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *