Home / Berita / Jemaah Wanita Sholawat Nariyah MWCNU Pontura Kembali Laksanakan Kegiatan ‘Nyarkub’ Bareng 

Jemaah Wanita Sholawat Nariyah MWCNU Pontura Kembali Laksanakan Kegiatan ‘Nyarkub’ Bareng 

Foto bersama Jemaah shooawat nariyah di sela sela kegiatan nyarkub bareng di makam para ulana jalbar
Pontianak – NU Khatulistiwa, Jama`ah Sholawat Nariyah (12/03/17), Pontianak Utara, yang dipimpin oleh Ketua Syuriah Majlis Wakil Cabang  (MWC) Nahdhatul Ulama (NU) Pontianak Utara, melakukan ‘nyarkuh’ atau ziarah kubur  ke maqam-maqam ulama-ulama aswaja KalBar. Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, mereka menjumpai beberapa kendala dalam perjalanan. 

Menurut ustadzah Iin Mutmainnah, nyarkub ini telah direncanakan bersamaan dengan kegiatan ziarah yang dilakukan sebelumnya (27/01/17). Namun, beliau menambahkan bahwa kali ini, bukan jalan-jalan biasa tersebut dilaksanakan oleh jama`ah wanita. “Kita telah merembuk kegiatan ini kemarin pas ziarah pertama. Namun, ziarah kali ini dilaksanakan oleh jama`ah wanita.” terang istri ustad Fadli ini kepada kami.

Senada dengan beliau, Ustad Fadli mengatakan semua jama`ah baik laki-laki dan wanita harus bisa ikut kegiatan nyarkub. Tambahnya, hal itu dilakukan agar koordinator lapangan bisa dengan mudah mengatur para jama`ah saat di makam-makam ulama.

“Jika digabungkan, jama`ah sholawat nariyah laki-laki dan wanita berjumlah kurang lebih 300 orang. Untuk itu, kami memilah antara jama`ah laki-laki dengan wanita.” jelas ustad Fadli.

“Jadikan nanti gak repot-repot nyewa banyak kendaraan dan tetap ada penghuni dalam rumah.” tambahnya.

Menurut beliau, ziarah saat ini tidak semudah saat memberangkatkan jama`ah laki-laki bulan Januari lalu. Beliau mengatakan, banyak menjumpai problem. Diantaranya adalah Bus yang memuat puluhan jama`ah. Namun, beruntung bagi jama`ah, memiliki supir bus sekaligus mahir ngebengkel.

“Bus yang kami sewa mendapat sedikit masalah. Rem anginnya sering bocor. Tapi alhamdulillah, supir bus juga mahir dalam memperbaikinya segera. Jadi tak perlu repot-repot cari bengkel.” katanya dalam bincang-bincang diperlajanan menuju pulang.

Selain itu, beliau juga menceritakan kebanggaannya kepada Koordinator Lapangan Kegiatan yang merupakan bendahara Syuriyah. “Bersyukur kita punya korlap H. Muhammad, yang menyumbangkan tak hanya tenaga dan pikiran saja, tetapi hartanya juga disumbangkan demi para jama`ah.” tuturnya.

Walaupun terdapat sedikit masalah, para jama`ah sangat senang dan berharap bisa melakukan ziarah ke makam ulama aswaja yang ada di Kalimantan Barat ini segera. 

“Mudah-mudahan bisa ikut ziarah lagi. Saya dan keluarga merasa dekat dengan para ulama. Apalagi dipimpin oleh Ust. Fadli.” ungkap Saudari Sutini, Guru Paud Kholilullah.

“nyarkub ini, selain menambah keimanan dan ketaqwaan para jama`ah, juga mengingatkan kita semua peran besar ulama ahli sunnah wal jama`ah di KalBar ini.” tukas H. Muhammad, kordinator lapangan.

Berbeda dengan ziarah sebelumnya, yang hanya menziarahi makam Sultan Abdurrahman Alqadrie, Batu Layang; KH. Fathul Bari, Peniraman; Syarif Husein Alqadrie, Mempawah; para jama`ah juga bisa menziarahi makam Opu Daeng Manambon, Sebukit. Tak hanya itu, mereka juga bisa singgah di Taman Mempawah dan Pasar Pinyoh Kabupaten Mempawah. (Hoki)

Check Also

Kepemimpinan Pembelajaran

Oleh: Sholihin, HZ, M.Pd Ketua PC Pergunu Kota Pontianak Sebagai top leader dan decision maker …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com